Selasa, 28 Agustus 2018

Review SSD M2 NVME 128Gb Murah Meriah Dengan Kinerja Optimal (Adata SX6000)



Sudah lama juga saya tidak menulis artikel diblog pribadi saya sekitaran 2 tahunan dikarenakan waktu yang begitu padat sahabat solusi on tekno , kali ini saya akan mereview bagaimana sih performa ssd 128gb seharga 700an ini mengingat sudah menggunakan embel embel NVME dan 3D Nand yang dapat menawarkan performa yang sangat signifikan dibandingkan SSD tipe sata , perlu diketahui juga untuk socket M2 NVME hanya tersedia pada laptop High end keatas , berikut merupakan gambar dari SSD NVME ADATA SX6000 yang saya beli




tentunya sahabat solusiontekno penasaran kenapa gak sekalian aja ambil yang Samsung evo 970 , ya pasti alasannya sudah bisa ditebak yaitu dikarenakan harga yang selisih lumayan banyak dan mahasiswa / pelajar butuh harga yang pas dikantong juga maka pilihan jatuh pada ssd ini.
Untuk packing dari adata ini terkesan biasa saja sih namun yang menggiurkan adalah dengan harga 700an adata telah mengklaim bahwa chipsetnya telah menggunakan 3D NAND , 3 NAND sendiri secara garis besar dapat meningkatkan Ketahanan dan Performa yang tinggi 

Hal yang berkesan menurut saya pada ssd murah meriah ini adalah system pendinginan yang patut diacungi jempol mengingat adata menggunakan lapisan aluminium dengan perantara thermal pad yang digunakan untuk mendinginkan suhu saat beroperasi.
perlu diingat bahwa suhu rata rata saat operasional diantara 65-75 celcius , pada ssd M2 itu masih wajar namun vendor lain malah ada yang sampai 90an derajat celcius , dalam paket kemasan tidak disediakan mur jadi kita harus mencari sendiri ya hehehe.
Gambar diatas adalah data informasi tentang adata SX6000 bisa dilihat pada suhu tersebut yaitu 69 celcius pada operasional penggunaan ringan seperti buka tab browser , mengetik , dan lain lain namun pada saat saya mencoba bermain game GTA 5 maka suhu akan naik sebesar 6 celcius , untuk suhu SX6000 selama masa pakai suhu yang diperoleh adalah sebagai berikut
Selama penggunaan saya selama ini tidak menemukan adanya penurunan performa ssd pada suhu maksimal sehingga suhu masih dianggap pada batas wajar , untuk pembahasan terakhir yang ditunggu tunggu bagaimana performa ssd ini maka akan dijelaskan pada gambar berikut


Dengan point yang didapatkan yaitu 1090 point menurut saya sangat Best To value and performancenya , karakteristik dari ssd m2 nvme berbeda dengan sata yaitu pada proses write tergolong tinggi , dan adata ini menurut saya masih sangat rekomendasi untuk dibeli mengingat tidak ada trotling dan kita tidak perlu cemas akan suhu pada saat operasional.
saya mendapatkan ssd ini pada harga 730k namun pada sekarang ini sudah turun sekitar 690an hal ini dikarenakan Manufaktur Raksasa Samsung telah memproduksi chipset secara massal pada sector ss dhal ini berdampak pada membludaknya stock chip yang berakibat turun harga ssd , untuk harga bisa turun hingga quartal kedua 2019 hal ini akan membuat konsumen diuntungkan , dengan harga yang pas akan membuat banyak konsumen beralih ke ssd daripada hardisk konvensional , sekian review dari saya apabila ada kekurangan mohon dikomentari agar saya bisa membuat artikel yang lebih menarik lagi , terima kasih 

5 komentar:

  1. halo gan saya juga pake ssd ini di acer swift 3. emang beneran sampai lebih dari 60 derajat itu masih normal ya ? agak worry sih soalnya panasnya lumayan kerasa dan sebelumnya pake HDD biasa gak sepanas ini hehe. kalo dari performance emg sih ngebut banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo bro , memang untuk suhu m2 nvme cenderung panas pada saat operationalnya , menurut webnya sih masih aman sampai kisaran 80c jadi tenang aja suhu segitu emang normal kok

      Hapus
    2. saya juga mengalami hal yang sama, setalah di pasang ssd m.2 punya adata jd panas pada bagian ssd m.2 nya. jadi takut sendiri.

      Hapus
    3. saya juga user adata sx6000 dilaptop acer swift 3 , biar suhunya turun belikan thermal pad blue 2 biji ukuran 2x2cm ditaruh di nvme nya , ane jadi stabil di suhu 53c sebelumnya 68c an

      Hapus

Review SSD Adata SU650 120GB (Ramah dikantong dengan fitur Premium 3D nand)

Hallo sahabat tekno , tentunya kalian sudah menunggu kan bagaimana review tentang performa SSD sejuta umat ini yaitu Adata SU650 120GB , de...